Monday, June 2, 2008

Kecerdasan Anak dengan Kartu Kata Bergambar

Bulan ini anak saya genap 1,5 tahun (17 bulan), setiap hari ada aja kepintarannya yang bertambah. Bukan maksud untuk GR atau membanggakan anak, tapi menurut kacamata pengamatan saya memang begitulah kenyataannya..Atau mungkin karena saya orangtuanya kali ya...jadi mungkin secara gk sadar terbersit refleksi kebanggaan yang berlebihan...Barangkali saja orang lain melihatnya biasa aja...
Tapi biarlah...setiap orang berhak untuk menyatakan pendapatnya dan saya menghargainya...Bagi saya, apa yang terjadi pada perkembangan anak saya hari ke hari adalah hal yang sangat mengagumkan...Dan untuk itu saya akan share sedikit cerita mengenai salah satu teknik pengajaran meningkatkan kecerdasan anak seperti yang telah saya terapkan kepada anak saya...

Mungkin anda telah mendengar atau bahkan menerapkan teknik pengajaran dan pengenalan kata kepada anak dengan menggunakan metode kartu kata bergambar. Menurut saya metode tersebut sungguh istimewa karena memberikan hasil/dampak yang sangat cepat yakni anak dapat mengenal kata dengan cepat (bukan huruf)...saya telah membuktikannya...metode tersebut sudah saya lakukan semenjak anak saya berumur 14 bulan...Mungkin bagi sebagian orang, implementasi metode tsb pada anak di umur itu terasa telat..karena ada loh yang dari umur 8 bulan sudah dikenalkan metode itu...
Tapi lebih baik telat daripada tidak sama sekali.

Lalu sebenarnya seperti apa sih metode kartu kata bergambar itu...? Dalam bahasa saya, metode kartu kata bergambar adalah metode yang memperkenalkan kata-kata kepada anak diikuti dengan gambarnya, yang berada dalam satu media/wadah (dalam hal ini media yang dipakai adalah kertas karton/film. Untuk awalnya, mungkin kata yang dikenalkan adalah kata-kata yang sering dilakukan atau digunakan sehari-hari oleh orang tua kepada anak.Misalnya (dalam kasus yang terjadi di saya) : Ayah, Bunda, susu, mandi, nangis, tidur, ngantuk, makan, minum, mobil yang saya sebut Paket I.
Kata-kata tersebut saya print di kertas film ukuran (20cm x 20 cm) berikut dengan gambar dibawah katanya. Gambar yang ditampilkan adalah gambar yang sebisa mungkin merepresentasikan kata yang dimaksud.

Jika sudah diprint, mulailah untuk dikenalkan kepada anak Anda. Sebelumnya buatlah schedule pengajaran untuk tiap paket. Misalnya satu minggu untuk Paket I dengan rentang 2 hari sekali dan waktu proses pengajaran selama 3 menit. Hal tersebut agar anak memiliki waktu untuk mencerna dan meresap ajaran yang diberikan, juga agar tidak membosankan karena biasanya anak akan bosan jika terlalu lama, malah jadinya akan tidak efektif.
Adapun mekanisme pengajaran dikembalikan kepada masing-masing orang tua. Berikut mekanisme pengajaran yang saya lakukan kepada anak saya untuk periode 1 minggu – Paket I, Anda dapat lihat tabel berikut :

No Hari Task
1 Senin Pengenalan kata berikut gambarnya dengan urut
2 Rabu Pengenalan kata saja atau gambar saja dengan urut. Hal ini dilakukan dengan menutup kata atau gambar.
3 Jum’at Memberi pertanyaan akan kata tertentu secara acak dan anak diminta menunjukan atas pertanyaan yang dimaksud.
4 Minggu Membuat games yaitu menempatkan kartu-kartu di tempat-tempat yang terpisah, lalu tanyakan anak akan kata tertentu kemudia anak diminta untuk mencarinya/menunjukannya

Saat ini sudah banyak kata yang saya kenalkan kepada anak saya menggunakan metode kartu kata bergambar. Alhamdulillah anak saya sudah mengerti akan arti kata yang dimaksud dan dapat melafalkannya walaupun masing ujung katanya saja. Misalnya jika dia melihat mobil lewat maka dia akan langsung ngomong ”bil”...
Add to Technorati Favorites

0 comments: