Saturday, May 31, 2008

Jadi FREELANCER

Biaya hidup semakin tinggi saat ini...akibat BBM naik, barang2 kebutuhan pokok pun menjadi naik. Sampe jalan tol, bea masuknya pun mulai ikutan naik (terbukti tol jakarta-cikampek). Duh pusing...

Hal-hal tersebut membuat kita mutar otak untuk mensiasati pendapatan agar dapat cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Beberapa hari yang lalu saya nonton acara dialog di salah satu TV swasta, sebanyaknya membahas mengenai dampak kenaikan BBM dan bagaimana mensiasatinya..dihadiri oleh Safir Senduk dan seorang supir angkot daerah Ciputat, Jakarta. Dialog tersebut juga interaktif dengan pemirsa di rumah. Ada beberapa pemirsa yang sempat bertanya kepada Safir Senduk untuk diberi arahan bagaimana mengolah pendapatan agar cukup dengan biaya hidup yang tinggi.

Safir senduk menyarankan hal pertama yang harus dilakukan adalah mereview pengeluaran yang ada, kemudian dikelompokkan menjadi 3,
1. Pengeluaran karena WAJIB..pengeluaran yang kayak gini tidak bisa diutak-atik. Misal, bayar rumah, bayar utang, Dll
2. Pengeluaran karena BUTUH..pengeluaran ini bersifat fifty-fifty, artinya masih dapat diutak-atik untuk dilakukan penghematan atau bisa juga tidak. Misal untuk kasus Bapak Supir angkot adalah Rokok, bagi dia rokok adalah kebutuhan karena kalau tidak merokok dia bisa ngantuk ketika nyetir dan itu membahayakan. Tapi mungkin bagi sebagian orang, dapat berhenti merokok, selain alasan kesehatan..bisa pula karena penghematan
3. Pengeluaran karena INGIN, nah pengeluaran inilah yang murni harus diutak-atik untuk dilakukan penghematan..karena sifatnya yang emosional dan biasanya tidak penting.

Safir juga menyatakan, jika sudah dilakuakan review pengeluaran kemudian pengelompokan lalu penghematan, tapi masih juga ngos-ngosan (baca : pendapatan tidak mencukupi pengeluaran) maka satu-satunya jalan yang wajib dilakukan adalah MENCARI PENDAPATAN LEBIH sehingga menambah pendapatan yang sudah ada. Artinya CARI SAMPINGAN.

Di kolom ini saya akan coba memberitahu satu informasi yang mungkin cukup berguna bagi Teman2 yg lagi visit ke blog ini yakni bagi anda yang mempunyai kemampuan programming atau excell atau design atau marketing dsb dapat mulai berpikir untuk menjadi freelancer online.
Lalu bagaimana caranya menjadi freelancer online..? terlebih dahulu, Anda harus mencari situs-situs yang menyediakan layanan tersebut. Salah satunya adalah Get Freelancer.

Get freelancer adalah situs yang berlaku sebagai host dari terjadinya transaksi proyek-proyek secara online. Sebagai seorang freelancer, yang perlu anda lakukan hanyalah sign-up dan itu GRATIS. Setelah itu cobalah ikut "Jual diri" (baca : nge-BID) atas proyek-proyek/kerjaan yang ada. Perlu juga saya informasikan bahwa proyek/kerjaan yang ditawarkan oleh pemilik proyek/advertiser adalah secara "tender" terbuka. Artinya selain anda, kemungkinan ada beberapa freelancer lainnya di dunia yang juga ikutan nge-BID. Tender dibuka dengan batasan waktu tertentu. Penentuan pemilihan pemenang (baca : penentuan siapa yang berhak mengerjakan proyek) adalah hak prerogatif pemilik proyek didasarkan oleh beberapa kriteria salah duanya adalah kompetensi dan pengalaman dari si freelancer.

Jadi mohon jangan pesimis dulu, sangat mungkin Andalah pemenangnya..

Gimana, tertarik untuk ikutan jadi freelancer dan mulai untuk mencari tambahan penghasilan yang bukan hanya menjual MIMPI/HARAPAN...? silahkan ekplorasi situsnya atau mau ikutan... Klik DISINI...
Add to Technorati Favorites

0 comments: